Senin , 26 Oktober 2020
Home / Museum / Monumen Jogja Kembali Di Malam Hari

Monumen Jogja Kembali Di Malam Hari

  Monumen Jogja Kembali SejarahMonumen Jogja Kembali (Monjali) merupakan salah satu wisata yang ada di Yogyakarta. Monumen Jogja Kembali Sejarah dibangun pada 29 juni 1985. Berwisata kesini seperti hal nya mengulang sejarah Monjali yang terdapat dalam pelajaran sejarah SD, SMP, bahkan SMA. Monumen Jogja Kembali Dibangun untuk memperingati kembalinya Kota Yogyakarta ke tangan Indonesia pasca penjajahan yang dilakukan Belanda pada tahun 1945. Perebutan dtariknya kembali kota Yogyakarta menunjukkan  bahwasanya Indonesia benar-benar berdaulat dan tidak mau untuk di jajah lagi. Belanda kalah dan akhirnya Yogyakarta kembali ke Indonesia oleh karenanya di beri nama Monumen Jogja Kembali (Monjali).

Bangunan Monjali tampak begitu unik, tak kurang dari 1000 koleksi diorama yang mengisahkan serangan umum 1 Maret 1949. Saat melewati jalan Ring Road Utara kota Yogyakarta nampak bangunan berbentuk tumpeng berwarna putih dengan tinggi sekitaran 32 meter, itulah Museum Jogja Kembali. Tepatnya alamat Monumen Jogja Kembali terletak di kelurahan Jongkang, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman. Sisi luar Monjali terdapat 2 buah pesawat yang saat itu digunakan untuk pembebasan kota Yogyakarta, pesawat Curen. Dipajang juga disana meriam bergerak.

Monumen Jogja Kembali dibangun diatas tanah seluas 5,6 hektar. Seperti halnya filosofi jawa kuno, Monjali dibangun dengan 4 pintu masuk sesuai dengan arah mata angin. Jika ingin memasuki lantai satu, masuk dari pintu arah timur dan barat. Dan pintu arah selatan dan utara menuju lantai dua.

Monument Jogja Kembali terdi dari 3 susunan lantai. Untuk lantai yang paling atas digunakan sebagai ruang hening yang hanya berisi Bendera Merah Putih perlambang Indonesia dan sekaligus menghayati perjuangan yang tergambarkan di lantai satu dan lantai ke dua. Seandainya ditarik dari garis lurus, Monjali berada digaris lurus antara gunung merapi, tugu Yogyakarta dan Keraton Yogyakarta.

Monumen Jogja Kembali merupakan tempat wisata Jogja yang bernuansa heroik dan edukasi. Sisi edukasinya cocok untuk mengenalkan langsung kepada para pelajar dalam pengorbanan dan Monjali untuk mengenang jasa pahlawan. Dan pada akhirnya pelajar dapat menuai hikmah dari beratnya perjuangan pahlawan-pahlawan terdahulu. Hingga mereka akan malu saat melakukan perbuatan yang merusak Negara. Sisi heroik dari Monjali, bisa anda temukan disini benda bersejarah seperti tandu dan dokar Jendral Soedirman, jas Sultan Hamengkubuwono IX, dan banyak lagi benda bersejarah lainya.

Untuk harga masuk Monumen Jogja Kembali tiket mulai naik, terhitung sejak tanggal 1 januari 2014 yang sebelumnya Rp. 7500,00 menjadi Rp 10.000,00. Untuk persyaratan berlakunya diskon tetap seperti sebelumnya, yaitu rombongan yang datang ke Monjali diatas 30 orang pengunjung akan diberikan discount sebesar 10%. Untuk murid TK dan Panti Asuhan yang datang ke Monjali diberikan discount sebesar 50%.

Monumen Jogja Kembali Map .

About Yogyadise

Informasi Tempat Wisata Jogja, Wisata Kuliner Jogja, Wisata Gunung Kidul Jogja, Rental Mobil Jogja Murah, Oleh Oleh Khas Jogja, Hingga Hotel Jogja Murah.

Check Also

Green Village Gedangsari Gunungkidul

Green Village Gedangsari Kabupaten Gunungkidul

Daerah Gunungkidul memiliki potensi wisata yang begitu luar biasa untuk menjadi alternative liburan anda bersama …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *