Rabu , 19 Juni 2019
Home / Event / Grebeg Syawal Keraton Yogyakarta 2016

Grebeg Syawal Keraton Yogyakarta 2016

Grebeg Syawal Yogyakarta HadiningratYogyakarta adalah salah satu kota yang terkenal di Indonesia yang memiliki keanekaragaman budaya dan tradisi yang berlaku disekitar masyarakatnya. Sikap yang dilandasi rasa damai dan saling menghargai antar warga terjalin dalam pergaulan sehari-hari. Selain dengan tempat wisata Jogja yang terkenal, Yogyakarta juga menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan dengan adanya event-event yang biasa digelar setiap tahunya secara rutin.

Salah satu event Jogja yang menarik untuk anda saksikan nanti adalah upacara Grebeg Syawal Yogyakarta Hadiningrat, tradisi yang digelar setiap Idul Fitri tiba. Tanggal 1 Syawal acara ini digelar dan bertanda bahwasanya bulan Ramadhan sudah selesai.

Grebeg Syawal Jogja biasanya digelar di Alun alun Utara Yogyakarta dan sudah menjadi tradisi Keraton Yogyakarta Hadiningrat sebagai wujud sedekah atau Hajad Dalem kepada rakyat Jogja. Tujuan ini disimbolkan dengan wujud Gunungan Lanang (Gunungan Grebek Syawal Jogja) terdiri dari berbagai sayuran beserta hasil isi bumi. Gunungan Lanang adalah suatu sesaji yang di bentuk seperti kerucut mirip tumpeng dengan diisi beragam sayuran seperti cabai, kacang panjang, dll. Sebelum event ini dimulai, biasanya prajurit keraton memberikan penghormatan sebanyak tiga kali dengan tembakan salvo.

Gunungan Grebek Syawal Jogja diarak dari Bangsal Keraton Yogyakarta Hadiningrat dibawa menuju Masjid Agung (Masjid Gede) oleh Abdi Dalem Keraton. Sesampainya dimasjid, Gunungan Grebek Syawal ini di doakan. Ketika sudah selesai berdoa, masyarakat yang sudah menunggu siap untuk berebut mendapatkan bagian dari gunungan Grebek Syawal untuk dibawa pulang sebagai pertanda keberuntungan.

Total dari sedekah yang diberikan Keraton Yogyakarta Hadiningrat atau yang digunakan untuk Grebeg Syawal Keraton Yogyakarta ini adalah 7 buah gunungan yang terdiri dari 3 buah Gunungan Lanang, 1 buah Gunungan Wadon, 1 buah Gunungan gepak, 1 buah Gunungan darat dan 1 buah Gunungan Pawuhan.

Warga yang berbondong-bondong datang menunggu dan mengerubungi gunungan-gunungan tersebut hingga berebut dengan satu tujuan untuk mengharapakan suatu keberuntungan atau biasa dias disebut dengan Ngalap Berkah. Keyakinan masyarakat terhadap apa saja yang ada di gunungan Grebek Sayawal itu sangat kuat akan membawa keberuntungan, jadi meskipun hanya mendapatkan secuil saja sudah merasa bersyukur.

Upacara Grebek Syawal adalah menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi wisatawan dari berbagai daerah, baik lokal maupun internasional. Rasanya event Jogja yang satu ini sulit untuk terlewatkan dan secara otomastis menjadi salah satu tempat wisata Yogyakarta yang rutin ditunggu setiap tahunya.

About Yogyadise

Informasi Tempat Wisata Jogja, Wisata Kuliner Jogja, Wisata Gunung Kidul Jogja, Rental Mobil Jogja Murah, Oleh Oleh Khas Jogja, Hingga Hotel Jogja Murah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *