Sabtu , 11 Juli 2020
Home / Wisata Alam / Air Terjun Sri Gethuk Oase Di Gunungkidul

Air Terjun Sri Gethuk Oase Di Gunungkidul

Air Terjun Sri GethukMenikmati keindahan wisata alam Jogja dengan udara yang sejuk asli pegunungan, memang menjadi alternatif tersendiri untuk mengisi liburan bersama keluarga. Dengan begitu banyaknya tempat wisata Yogyakarta yang ditawarkan, ini merupakan alternatif pilihan yang tepat untuk anda kunjungi saat ini. Salah satunya adalah wisata Air Terjun Sri Gethuk yang lokasinya berada di Daerah Wisata Gunungkidul.

Air terjun yang berada diantara Sungai Oya dan daerah persawahan ini, selalu mengalirkan airnya meskipun di musim kemarau. Gemuruh airnya menjadi sesuatu yang spesial di Daerah Wisata Gunungkidul yang terkenal daerah kering apalagi saat musim kemarau tiba.

Sebagian masyarakat yang pernah datang ke Daerah Gunungkidul merasakan perbedaan yang sangat mencolok. Dahulu daerah ini identik dengan hutan yang gundul, kekeringan yang melanda, hingga tanah tandus dan berbatu. Namun seiring berjalanya waktu dengan semangat dan kesadaran masyarakat Gunungkidul untuk memajukan daerahnya. Kesan gersang, tandus semakin lama semakin memudar seiring dengan banyaknya pepohonan yang tumbuh didaerah tersebut.

Meskipun demikian, kekeringan saat musim kemarau masih terjadi di beberapa kecamatan yang terdapat pantai didaerahnya. Pemandangan yang berbeda akan anda dapatkan di Desa Bleberan, Kecamatan Playen. Didaerah inilah anda akan menemukan tempat wisata Yogyakarta yang sedang terkenal saat ini, Air Terjun Sri Gethuk.

Wisata alam Yogyakarta yang satu ini selalu mengalirkan air yang berlimpah tiada hentinya, ditambah lagi dengan keindahan sawah yang subur nan hijau terlihat begitu indah, memanjakan mata kita. Pemandangan yang tidak kita dapatkan didaerah perkotaan. Lokasi ini sangat cocok bagi anda untuk melepas kepenatan dengan rutinitas pekerjaan, menyegarkan pikiran dan memberikan semangat baru.

Oh iya, air yang mengalir di Air Terjun Sri Gethuk ini ternyata berasal dari mata air yang muncul dari dalam tanah. Beberapa aliran ainya mengalir melalui tebing yang kemudian masuk ke dalam Sungai Oya (sungai yang selalu mengalirkan air di Gunungkidul meski musim kemarau tiba). Air terjun tersebut terpecah menjadi 3 bagian yang mengalir dengan begitu derasnya. Memang luar biasa indahnya tempat wisata alam di Gunung kidul.

Menurut warga yang mengelola tempat wisata Gunungkidul ini, nama Gethuk diambil dari salah satu perangkat alat musik gamelan Jawa yaitu Kethuk. Konon, dahulu kala didaerah ini terdapat kerajaan makhluk halus. Pada waktu tertentu di kerajaan tersebut sering dilakukanya latihan menabuh gamelan. Suaranya yang sangat nyaring sering terdengar oleh warga sekitar Desa Bleberan. Suatu ketika terjadi keributan yang disebabkan oleh hilangnya salah satu alat gamelan yang hilang. Dan alat gamelan yang hilang tersebut adalah Kethuk.

Itulah awal daerah tersebut diberi nama Air Terjun Sri Kethuk, yang saat ini terkenal dengan nama Air Terjun Sri Gethuk. Daerah ini kemudian kembangkan oleh pemerintah menjadi lokasi wisata dan dibuka pada tahun 2007.

Untuk menikmati keindahan Air Terjun Sri Gethuk, jarak yang akan anda tempuh dari Kota Yogyakarta adalah sekitar 45 KM. Jalan yang berkelok dan bervariasi akan menambah sensasi keindahan tempat wisata Jogja yang luar biasa ini. Menikmati keindahan wisata alam Yogyakarta, bukan berarti anda tinggal menikmati saja, melainkan anda harus tetap ikut merawat keindahanya dengan tidak membuang sampah sembarang di sekitar tempat wisata Yogyakarta.

Lokasi Wisata Air Terjun Sri Gethuk Map.

About Yogyadise

Informasi Tempat Wisata Jogja, Wisata Kuliner Jogja, Wisata Gunung Kidul Jogja, Rental Mobil Jogja Murah, Oleh Oleh Khas Jogja, Hingga Hotel Jogja Murah.

Check Also

Green Village Gedangsari Gunungkidul

Green Village Gedangsari Kabupaten Gunungkidul

Daerah Gunungkidul memiliki potensi wisata yang begitu luar biasa untuk menjadi alternative liburan anda bersama …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *