Kamis , 17 Januari 2019
Home / Wisata Taman / Taman Pintar – Suasana Belajar Sambil Bermain

Taman Pintar – Suasana Belajar Sambil Bermain

Salah satu wisata yang harus dikunjungi di daerah Yogyakarta adalah Taman Pintar Yogyakarta. Taman Pintar merupakan tempat hiburan yang dikombinasaikan dengan ilmu pengetahuan. Wisata Taman Pintar terdapat banyak media permainan yang sangat mendidik untuk perkembangan anak. Taman Pintar Jogja terletak di pusat kota Yogyakarta, tepatnya di jalan Panembahan Senopati No. 1-3 yogyakarta, dikawasan Benteng Vredeburg Yogyakarta. Taman Pintar Yogyakarta menjadi sebuah wahana wisata baru untuk anak-anak yakni sebagai wahana kreasi, ekspresi dan apresiai di dalam suasana yang menyenangkan. Akses langsung ke pusat buku eks Shopping Centre menambah nilai lebih lokasi Taman Pintar.

Sejarah Taman Pintar Yogyakarta.

Taman Pintar YogyakartaPembangunan Taman Pintar Yogyakarta dimulai pada bulan mei 2006 dan diresmikan pada tanggal 9 juni 2007 oleh Gubernur DIY, Sultan Hamengkubuwono X, didampingi dua menteri yaitu Prof. Dr. Bambang Sudibyo, MBA sebagai Menteri Pendidikan Nasional dan Kusmayanto kadiman, Ph.D (Menteri Riset dan Teknologi).

Taman Pintar juga ingin mewujudkan salah satu ajaran Ki Hajar Dewantara dalam 3N yaitu Niteni (memahami/mengingat), Nirokake (menirukan/mengikuti), dan Nambahi (mengembangkan). Dengan itulah Taman Pintar memilih maskot Burung Hantu Memakai Blangkon. Burung hantu identik dengan burung malam yang mempunyai kepekaan tinggi, mampu merasakan dan mampu mempelajari kejadian alam yang terjadi disekitarnya. Sedangkan Blangkon adalah pakaian adat Yogyakarta yang menunjukkan identitas kemasyarakatanya.

Zona Taman pintar dibagi menjadi  4 bagian, diantaranya Playground, gedung Heritage, Gedung Oval, dan Geduung Kotak. Keunggulan dari Taman Pintar adalah Alat Peraga Interaktif, interaktifitas yang menyuguhkan pembelajaran mengasikkan bagi anak-anak.

Bagian pertama dari tempat wisata ini adalah Playground, yang merupakan daerah permainan dan penyambutan serta sebagai ruang publik bagi pengunjung. Disini terdapat banyak wahana bermain untuk anak seperti Pipa bercerita, Parabola Berbisik, Forum Batu, Rumah Pohon, Air Menari, Desaku Permai, Koridor Air, Spektrum Warna, Jembatan Goyang, Dinding Berdendang, Istana Pasir, Sistem Katrol, Jungkat-Jungkit, dan Engklek.

Bagian Kedua adalah Gedung Heritage yang diperuntukkan bagi Pendidikan Anak Berusia Dini. Dibagian ini dikhususkan untuk pendidikan dan permaiann anak-anak usia pra-sekolah sampai TK. Bagian ketiga adalah Gedung Oval Zona yang terdiri dari zona pengenalan lingkungan dan eksibisi ilmu pengetahuan, sejarah, zona pemaparan, ilmu pengetahuan dan teknologi.

Bagian keempat adalah Gedung Kotak yang terdiri dari 3 lantai. Lantai pertama sebagai zona pelengkap Taman Pintar yang mencakup ruang pameran, radio anak jogja, food court, souvenier counter, dan ruang audiovisual. Lantai dua digunakan sebagai zona materi dasar dan penerapan Iptek yang terdiri dari jembatan sains Indonesiaku, perpustakaan, teknologi popular dan teknologi canggih. Sedangkan lantai ketiga terdiri dari sains, laboratorium courses class, tv dan animasi.

Untuk menikmati setiap wahana yang disediakan di Taman Pintar Yogyakarta, harga tiketnya bervariasi. Mulai dari Zona Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Rp 3.000,00 dan untuk tiket masuk Gedung Kotak dan Oval adalah Rp 10.000,00. Sedangkan untuk tiket masuk dewasa Rp 15.000,00 dan untuk tiket masuk Zona Astronomi dan Bahari Rp 15.000,00 dan Rp 4.000,00.

Peta Wisata Taman Pintar Yogyakarta.

About Yogyadise

Informasi Tempat Wisata Jogja, Wisata Kuliner Jogja, Wisata Gunung Kidul Jogja, Rental Mobil Jogja Murah, Oleh Oleh Khas Jogja, Hingga Hotel Jogja Murah.

Check Also

Green Village Gedangsari Gunungkidul

Green Village Gedangsari Kabupaten Gunungkidul

Daerah Gunungkidul memiliki potensi wisata yang begitu luar biasa untuk menjadi alternative liburan anda bersama …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *