Jumat , 28 Juli 2017
Home / Wisata Belanja / Sejarah Pasar Beringharjo Jogjakarta

Sejarah Pasar Beringharjo Jogjakarta

Pasar Beringharjo OnlineSaat kita berkunjung ke Malioboro, rasanya belum lengkap jika belum berkunjung ke Pasar Beringharjo. Selain menjadi pusat kegiatan ekonomi, pasar yang selalu ramai ini menjadi sebuah lambang dalam tahapan kehidupan manusia dimana harus memenuhi kebutuhan ekonominya. Selain itu, pasar yang sudah beberapa kali mengalami pemugaran ini  merupakan salah satu pilar dari “Catur Tunggal” (yang terdiri dari Pasar Beringharjo, Alun alun Utara Yogyakarta, Masjid Agung dan Keraton Yogyakarta) melambangkan sebagai fungsi ekonomi.

Pasar Beringharjo Reviews.

Sebelum dibangun Pasar Beringharjo, wilayah ini merupakan hutan beringin. Tiga tahun pasca Perjanjian Gianti, mulailah transaksi ekonomi masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya di lakukan di pasar ini. Setelah ratusan tahun, akhirnya pada tahun 1925 pasar ini mempunyai bangunan permanen untuk melakukan transaksi ekonomi. Nama Beringharjo sendiri diberikan langsung oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX, yang artinya Bering (Wilayah yang awal mulanya pohon beringin) dan Harjo (diharapkan dapat memberikan kesejahteraan kepada masyarakat).

Pasar Beringharjo Trade Centre.

Sekarang Pasar Beringharjo Yogyakarta menjadi salah satu tempat kegiatan ekonomi yang besar di kawasan Malioboro sekaligus sebagai tempat wisata belanja bagi wisatawan yang berkunjung ke Wisata Yogyakarta. Kolaborasi antara pasar tradisional dan pasar modern membuat pasar ini mempunyai banyak cerita bagi wisatawan yang berkunjung, yang pada akhirnya akan membuatnya kembali lagi berkunjung membawa teman-temanya. Biasanya saat musim liburan tiba, pasar ini mengalami puncak kepadatan pengunjung baik itu yang berbelanja atau sekedar untuk jalan-jalan.

Pada bagian depan Pasar Beringharjo Jogja terdapat banyak sekali jajanan pasar yang dijual disini. Untuk sebelah selatan pasar dapat kita temui aneka bakpia yang dijual masih hangat dan macam kue lainya. Bagian utara pasar kita akan menemui jualan brem dari Madiun dan Krasikan ( sejenis dodol yang terbuat dari tepung beras, hancuran wijen dan gula jawa ). Sedangkan bagian belakang merupakan tempat yang biasa digunakan untuk menjual makanan yang tahan lama.

Pasar Beringharjo Batik.

Jika anda ingin belanja batik, Pasar Beringharjo merupakan tempat terbaik dengan bermacam koleksi batik dan kualitasnya. Anda bisa memilih berbagai jenis batik disini, mulai dari yang berbahan sutra atau katun, dari yang sudah jadi pakaian atau masih bentuk bahan, dan dari yang harga pulahan ribu hingga ratusan ribu. Bagi anda yang ingin mencari batik yang masih berbentuk bahan (belum jadi pakaian) akan anda temukan di los bagian barat sebelah utara pasar. Sedangkan untuk pakaian batik bisa anda temukan hampir disemua tempat bagian barat pasar. Selain batik, di bagian ini banyak yang menjual blangkon, sarung tenun  maupun baju surjan. Dibagian eskalator pasar bagian barat, aneka tas dan sandal yang dijual disini dengan harga miring.

Saat berjalan ke lantai dua bagian timur Pasar Beringharjo, kita akan menemukan aneka macam rempah-rempah serta bahan dasar jamu dengan aromanya yang khas. Bahan jamu yang biasa dijual disini adalah kunyit dan temulawak. Sedangkan rempah-rempah yang dijual disini yaitu kayu (digunakan sebagai citarasa minuman) dan  jahe (yang biasa diolah untuk aneka minuman).

Pasar Beringharjo Jogja merupakan salah satu tempat untuk berburu barang antik yang terdapat di lantai 3 pasar. Aneka mesin ketik tua bahkan sampai helm buatan tahun 60-an dapat anda temukan disini. Selain itu, anda akan menemukan berbagai barang bekas yang dijual disni (tas, dll). Tentu anda harus jeli dalam memilih dan menawar untuk mendapatkan harga yang murah.

Pasar Beringharjo Tutup Jam Berapa ?

Aktifitas pasar secara resmi tutup sekitar pukul 17.00 WIB, tetapi keramaian pasar tidak berhenti sampai disitu. Aktifitas kuliner sore mulai digelar disekitar pasar, mulai dari martabak beraneka rasa, terang bulan, klepon, dan lainya. Saat malam tiba, didepan pasar biasanya terdapat penjual gudeg dan kuliner lainya. Saatnya menikmati keindahan malam Pasar Beringharjo Yogyakarta dengan aneka kulinernya.

Pasar Beringharjo Yogyakarta Map.

About Yogyadise

Informasi Tempat Wisata Jogja, Wisata Kuliner Jogja, Wisata Gunung Kidul Jogja, Rental Mobil Jogja Murah, Oleh Oleh Khas Jogja, Hingga Hotel Jogja Murah.

Check Also

Serabi Notosuman

Cabang Serabi Notosuman Di Jogja

Wisata kuliner Jogja kali ini adalah Serabi Notosuman di Yogyakarta. Yah, ketika anda mendengar nama ini pasti sudah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *