Rabu , 29 Maret 2017
Home / Wisata Pantai / Pantai Sundak Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Sundak Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Sundak Yogyakarta merupakan salah satu Wisata Pantai Jogja yang saat ini menjadi salah satu tujuan utama wisatawan yang datang ke Yogyakarta. Keindahan ombak dan letaknya yang berdekatan dengan pantai lainya (seperti Pantai Krakal, Pantai Kukup, Pantai Baron, dan Pantai Drini ) mempunyai nilai tersendiri yang menambah daya tarik wisatawan.

Pantai SundakLokasi Pantai Sundak Yogyakarta yang terletak di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul ini mempunyai sejarah yang menarik. Setiap pantai atau tempat wisata pasti mempunyai sejarah atau keunikan dalam pemberian namanya. Pantai Sundak juga memiliki keunikan tersendiri dalam pemberian namanya jika dibandingkan dengan pantai yang ada di Yogyakarta lainya. Awal mula nama pantai ini adalah Wedimbedah, yang mempunyai makna ”pasir yang terbelah”. Diberi nama Wedimbedah karena saat musim hujan tiba, air dari daratan mengalir menuju pantai yang membuat pasir pantai terbelah layaknya sungai yang kecil.

Pada tahun 1976, nama Wedimbedah diubah menjadi Pantai Sundak. Nama sundak diambil dari perkelahian yang benar terjadi antara dua binatang, asu (anjing) dan landak. Cerita ini berawal dari seekor anjing milik warga sekitar (nama pemilik: Arjasangku) sedang berjalan sambil mencari makan disekitar pantai. Anjing tersebut melihat seekor landak yang berada di gua yang tidak jauh dari pantai. Anjing itu mengejar landak dan terjadilah perkelahian di dalam gua antara anjing dan landak. Akhirnya anjing memenangkan perkelahian itu dan memangsanya.

Saat itu Arjasangku secara tidak sengaja melihat anjingnya keluar dari gua dengan membawa potongan tubuh dari landak. Arjasangku heran melihat anjingnya membawa potongan daging dari dalam gua. Selain itu, yang membuatnya heran adalah tubuh anjingnya yang basah kuyup setelah keluar dari gua. Arjasangku memeriksa ke dalam gua dan kaget melihat keadaan didalam gua.

Ternyata selain menemukan sisa potongan tubuh landak, ia juga menemukan mata air yang keluar dari dalam gua. Kemudian temuanya ini diberitahukan ke seluruh warga sekitar, karena selama ini warga mengalami kekeringan. Mulai saat itu nama Wedibedah diganti dengan nama Sundak, yang diambil dari Su (anjing) dan Ndak (landak). Sejak pergantian nama itu, Pantai Sundak Jogja semakin ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah.

Disamping cerita tentang pemberian namanya, Pantai Sundak Yogyakarta juga memberikan suasana yang sangat istimewa. Tempatnya yang masih asli belum banyak campur tangan manusia, hamparan biji pasir putihnya, tebing karang di sisi barat dan timur sundak melengkapi keindahanya. Karang-karang kecil yang rata, permukaanya  yang halus, terhampar sepanjang 30 m dari bibir pantai.

Seperti wisata pantai Yogyakarta lainya, di sekitar Pantai Sundak Wonosari banyak sekali penjual kuliner dengan bermacam makananya. Hampir semua menu penjual disini sama semua, kita tinggal memilih tempat yang kira-kira nyaman untuk kita menikmati kuliner di sundak sambil menikmati keindahan pantai dan semilir anginya. Hanya dengan Rp 4.000,00 kita bisa masuk area Pantai Sundak di Jogjakarta sepuasnya. Saatnya menikmati tempat wisata Di Jogja dengan segala keindahan dan keramahan warganya.

Peta lokasi Pantai Sundak Yogyakarta.

About Yogyadise

Informasi Tempat Wisata Jogja, Wisata Kuliner Jogja, Wisata Gunung Kidul Jogja, Rental Mobil Jogja Murah, Oleh Oleh Khas Jogja, Hingga Hotel Jogja Murah.

Check Also

Pantai Pandansari Bantul

Pantai Pandansari Bantul

Pantai Pandansari atau biasa dikenal oleh warga lokal dengan sebutan Pantai Patehan adalah pantai yang terletak di …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *