Minggu , 20 Agustus 2017
Home / Wisata Pantai / Pantai Parangtritis Jogjakarta – Mitos Nyi Roro Kidul

Pantai Parangtritis Jogjakarta – Mitos Nyi Roro Kidul

Pantai Parangtritis YogyakartaSalah satu keindahan alam luar biasa Pantai Parangtritis Yogyakarta terletak disebelah selatan D.I Yogyakarta. Terletak 27 km dari pusat kota yogyakarta, di desa parangtritis, kecamatan kretek, kabupaten Bantul. Dari arah Kota Yogyakarta terdapat dua jalur yang dapat dilalui untuk sampai dokawasan tersebut. Jalur pertama yang dapat kita pilih adalah jalur lurus dari Yogyakarta – Jalan Parangtritis – Kretek – Parangtritis. Jalur ini biasa digunakan digunakan wisatawan maupun masyarakat luas. Jalur yang kedua adalah jalur dari Yogyakarta – Imogiri – Siluk – Parangtritis.

Jalur ini lebih jauh tetapi selama perjalanan alam akan menyuguhkan panorama alam yang juga jauh lebih indah dan fantastis. Sejauh perjalanan turun naik bukit mata anda akan dimanjakan dengan pemandangan yang hijau dari sawah, air yang mengalir disungai, deretan bukit dan pepohonan hijau yang dapat kita lihat dari atas bukit. Nikmati kelebihan lainya yang dapat anda rasakan saat anda melakukan perjalanan di pagi atau di sore hari. Kita akan menikmati udara yang sangat sejuk.

Sejarah Pantai Parangtritis

Sejarah pemberian nama Pantai Parangtritis Di Jogja cukup unik, berawal dari sebuah pelarian sang raja dari Majapahit yang bernama Dipokusumo. Dengan bersemedi dan mengasingkan diri didaerah tersebut. Di tengah semedianya, Dipokusumo melihat tetesan air yang menetes diantara celah batu (istilah: parang). Sedangkan air yang menetes disebut dengan nama tumatritis. Saat itu juga Dipokusumo memberi nama Parangtritis (arti: air yang menetes diantara celah bebatuan). Pantai Parangtritis Jogjakarta, Keraton Yogyakarta Hadiningrat, dan Gunung Merapi merupakan perwujudan dari kesatuan Trimurti.

Sebagian besar masyarakat meyakini bahwasanya Pantai Parangtritis Mitos merupakan bagian kekuasaan dari Nyai Roro Kidul. Konon Nyai Roro Kidul sangat menyukai air yang berwarna hijau. Karena keyakinan tersebut, setiap pengunjung yang datang dianjurkan untuk tidak menggunakan pakaian warna hijau. Selain dikaitkan dengan kisah misteri Pantai Parangtritis Nyi Roro Kidul, Pantai Parangtritis Di Yogyakarta merupakan tempat bertemunya Panembahan Senopati dengan Sunan Kalijaga sesaat setelah Panembahan Senopati melakukan bertapa. Selain terkenal sebagai tempat rekreasi yang nyaman, parangtritis juga dianggap sebagai tempat yang keramat bagi sebagian pengunjung. Banyak yang menggunakan sebagai tempat untuk meditasi. Pantai Parangtritis Yogyakarta merupakan salah satu tempat untuk melakukan upacara Labuhan dari Keraton Yogyakarta.

Fasilitas Parangtritis.

Seperti tempat Wisata Jogja yang wajib dikunjungi lainya, selain pengelolaan dari Pemerintah Daerah yang baik dan teratur. Keindahan alam Yogyakarta menjadi cerita tersendiri bagi setiap wisatawan yang datang. Disamping itu, keramahan penduduk sekitar beserta keindahan Pantai Parangtritis adalah faktor utama yang membuat pengunjung seolah-olah di ajak untuk datang kembali nanti. Kesan seperti itulah yang selalu didapatkan wisatawan saat berkunjung ke Yogyakarta.

Fasilitas di lingkungan wisata ini sudah cukup lengkap. Di sekitar Pantai Parangtritis terbaru ini terdapat banyak hotel jogja murah dan penginapan Jogja murah dengan berbagai harga. Ada juga penginapan murah di Jogja dan hotel murah di Jogja yang terletak di atas bukit yang membuat nyaman dengan pemandangan yang sangat indah dari penginapan. Anda juga akan menemukan berbagai macam souvenir dan oleh oleh khas Jogja, warung makan dan toko kelontong. Anda akan rugi seandainya melewatkan kuliner di pantai depok yang menyediakan berbagai ikan dan makanan laut segar.

Disini bisa membeli dan memasak ditempat, dengan bumbu masakan yang nikmat. Anda bisa membeli berbagai macam jenis ikan, cumi, kepiting atau udang di Tempat Pelelangan Ikan(TPI) Depok dengan menyewa jasa masak( sekaligus menyediakan tempat makan, sambal , lalap, nasi dan berbagai macam minuman) di warung yang berjejer di area Pantai Depok Yogyakarta. Menikmati seafood segar dari juru masak sekitar dan minum satu biji kelapa muda menjadikan pengalaman di Pantai Parangtritis akan selalu dikenang. Dengan harga yang terjangkau, karena seafood di Pantai Depok Parangtritis ini relative murah.

Akan anda temui juga pasar tradisional yang menjual jajanan wisata Kuliner Jogja khas pantai( ikan goring, peyek ikan, undur-undur goreng, dll). Anda juga akan menemukan rujak(buah-buahan segar dengan bumbu pedas manis) dengan harga yang terjangkau. Kawasan wisata Pantai Parangtritis Dari Malioboro juga menyediakan lahan parkir yang sangat luas dan penyewaan kamar mandi disekitar pantai. Disekitar Pantai Parangtritis Jogja anda juga dapat menyewa dokar(kereta kuda), kuda, paralayang maupun motor ATV. Berfoto dikawasan gumuk pasir seolah-olah membuat anda sedang berada didaerah padang pasir. Di lokasi ini juga sering digunakan untuk foto prewedding. Demi kenyamanan anda, janganlah berenang terlalu kedalam karena ombak Pantai Parangtritis cukup berbahaya.

Untuk tiket masuk kawasan Pantai Parangtritis Jogja (meliputi seluruh komplek) adalah Rp. 3000,00 per-orang dengan biaya tambahan untuk biaya asuransi Rp. 250,00 per-orang. Sedangkan retribuasi untuk sepeda motor adalah Rp. 500,00. Untuk mobil dan bus pariwisata masing-masing Rp. 1000,00 dan Rp. 2000,00. Jika anda ingi menyewa dokar atau kuda, anda hanya mengeluarkan uang Rp. 20.000,00 untuk satu kali putaran bola-balik. Biaya yang anda keluarkan untuk menyewa mobil ATV sekitar Rp. 50.000,00 hingga Rp. 100.000,00 per setengah jam.

Pantai Parangtritis Map.

About Yogyadise

Informasi Tempat Wisata Jogja, Wisata Kuliner Jogja, Wisata Gunung Kidul Jogja, Rental Mobil Jogja Murah, Oleh Oleh Khas Jogja, Hingga Hotel Jogja Murah.

Check Also

Pantai Pandansari Bantul

Pantai Pandansari Bantul

Pantai Pandansari atau biasa dikenal oleh warga lokal dengan sebutan Pantai Patehan adalah pantai yang terletak di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *