Jumat , 28 Juli 2017
Home / Wisata Pantai / Cerita Mistis Pantai Parangkusumo Dan Parangtritis

Cerita Mistis Pantai Parangkusumo Dan Parangtritis

Pantai Parangkusumo JogjakartaWisata pantai Jogja yang akan kita kunjungi saat ini adalah Pantai Parangkusumo Bantul. Pantai ini terletak di daerah Bantul, Yogyakarta yang tepatnya pantai ini berada diantara Pantai Parangtritis dan Pantai Depok. Pantai Parangkusumo sangat terkenal dengan nuansa sakralnya yang diyakini sebagai pintu gerbang masuk Istana Laut Selatan. Di sini anda akan dengan mudah menemukan penjual bunga yang berpadu dengan aroma kemenyan yang di bakar sebagai bentuk sesajen. Hal seperti ini yang jarang ada di wisata pantai Yogyakarta lainya.

Legenda Pantai Parangkusumo.

Anda akan merasakan suasana yang semakin sakral saat melihat taburan bunga beserta serangkaian sesajen di Batu Cinta (batu yang terletak didalam Puri Cepuri), tempat bertemu dan membuat perjanjian antara  Panembahan Senopati dengan Ratu Kidul. Saat itu Panembahan senopati sedang bertapa di sebelah utara (batu yang lebih besar), kemudian Ratu Kidul datang menghampiri dan duduk di sebelah selatan (batu yang lebih kecil).

Pertemuan antara Senopati dan dan ratu Kidul ini mempunyai kisah cerita unik yang mempengaruhi hubungan Keraton Yogyakarta dengan Keraton Bale Sokodhomas yang di kuasai oleh Ratu Kidul. Bermula saat Panembahan Senopati bertapa (Tapa Ngeli) untuk menyempurnakan kesaktianya. Di saat pertapaanya tiba-tiba terjadi badai yang membuat air laut mendidih, pohon-pohon ditepi pantai tercabut dari akarnya dan ikan-ikan tedampar ke daratan.

Kejadian ini membuat ratu kidul menampakkan dirinya kepermukaan dan bertemulah dengan Senopati yang akhirnya jatuh cinta. Panembahan Senopati mangajukan permintaanya supaya dapat memimpin Mataram dan memohon bantuanya dari Ratu Kidul. Dan akhirya Ratu Kidul menyanggupi permintaan Senopati, begitu juga sebaliknya Senopati juga menyetujui syarat yang diajukan Ratu Kidul untuk bersedia menjadi suaminya.

Pertapaan Panembahan Senopati yang berhasil, banyak yang menganggap segala permintaan akan terwujud jika permohonan dilakukan didekat Batu Cinta. Bahkan ratusan orang datang dengan sengaja mendatangi tempat yang sakral ini dengan keyakinan dapat membantu meringankan beban yang dihadapi dan mkembali menumbuhkan semngat hidup.

Anda juga dapat menikmati keindahan setiap sudut lokasi Pantai Parangkusumo Yogyakarta ini menggunakan kereta kuda dengan ongkos Rp 20.000,00 satu kali keliling. Selain itu anda juga bisa menikmati kuliner di sekitar pantai sambil menikmati keindahan Pantai Parangkusumo ini.

Lokasi Pantai Parangkusumo.

About Yogyadise

Informasi Tempat Wisata Jogja, Wisata Kuliner Jogja, Wisata Gunung Kidul Jogja, Rental Mobil Jogja Murah, Oleh Oleh Khas Jogja, Hingga Hotel Jogja Murah.

Check Also

Pantai Pandansari Bantul

Pantai Pandansari Bantul

Pantai Pandansari atau biasa dikenal oleh warga lokal dengan sebutan Pantai Patehan adalah pantai yang terletak di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *