Minggu , 24 September 2017
Home / Wisata Alam / Sejarah Gunung Api Purba Nglanggeran Di Kab. Gunungkidul

Sejarah Gunung Api Purba Nglanggeran Di Kab. Gunungkidul

Gunung Api Purba Nglanggeran Gunung Kidul

Banyak yang tidak tahu asal usul dari Gunung Api Purba Nglanggeran Gunung Kidul ini, bahkan ada yang bilang gunung ini merupakan bagian dari letusan Gunung Merapi di masa lalu atau mungkin gunung berapi yang sudah tidak aktif lagi. Baiklah, apa saja pendapatnya yang penting berasal dari sumber yang terpercaya. Begini penjelasanya, Gunung Api Purba Nglanggeran merupakan salah satu gunung api purba di Daerah Istimewa Yogyakarta, yang terbentuk dari kapur atau karst. Alamat Gunung Api Nglanggeran ini berada di Daerah Nglanggeran, Patuk, Gunung Kidul.

Sejarah Gunung Api Purba Nglanggeran Yogyakarta

Menurut cerita warga sekitar, dulunya Gunung Api Purba Wonosari merupakan tempat yang digunakan untuk menghukum warga sekitar yang telah ceroboh merusak wayang. Nglanggeran berasal istilah bahasa jawa “Nglanggar” yang berarti melanggar. Ratusan tahun yang lalu, warga sekitar melakukan syukuran atas hasil panenya dengan mengundang seorang Dalang Wayang. Namun yang terjadi malah sebagian warga ada yang bersikap ceroboh dengan berusaha untuk merusak peralatan Dalang (wayang). Akhirnya dalang murka terhadap warga tersebut dan mengutuk mereka menjadi sosok wayang yang kemudian di buang ke Bukit Nglanggeran Jogja.

Begitu juga dengan adanya beberapa bebatuan besar, menurut warga sekitar bebatuan tersebut digunakan sebagai tempat untuk pertapaan warga. Menurut kepercayaan warga, Gunung Api Purba adalah gunung yang dijaga oleh Kyai Ongko Wijoyo beserta tokoh pewayangan Punokawan. Pada jum’at kliwon atau malam tahun baru, ada beberapa orang yang sengaja memilih bertapa di puncak gunung. Gunung Gedhe merupakan nama dari puncak gunung tersebut yang memiliki ketinggian sekitar 700 m dari permukaan laut, dengan luas kawasan pegunungan tersebut sekitar 48 hektar.

Berdasarkan hasil penelitian, Gunung Api Purba Nglanggeran Jogjakarta ini merupakan gunung berapi yang aktif sekitar 60 juta tahun yang lalu. Lapisan kapur Gunung Nglenggeran Aktif ini berasal dari lapisan bagian dasar laut yang kemudian terangkat dan menjadi daratan jutaan tahun yang lalu.

Untuk menuju tempat wisata Jogja yang satu ini, anda harus melewati jalanan tanah dengan lorong-lorong bebatuan yang cukup sempit. Waktu yang anda perlukan untuk mencapai puncak Gunung Api Purba Nglanggeran Gunung kidul ini sekitar 2 jam.

Jika anda berangkat siang atau sore hari, anda akan mendapatkan pemandangan yag sangat indah. Keindahan disore hari dengan matahari yang akan terbenam. Selain itu, di tempat wisata yogyakarta yang satu ini, anda akan menjumpai beraneka macam bebatuan dengan bentuk yang cukup unik, pemandangan sawah, dan pemukiman warga yang membuat anda takjub dengan kebesaran-Nya. Anda tidak perlu khawatir untuk tersesat atau tidak bisa mendaki, disini sudah disediakan petunjuk dan fasilitas yang memudahan anda untuk mendaki.

Saatnya anda sendiri yang mencoba, anda akan menikmati keindahan tempat wisata Jogja yang tidak anda jumpai ditempat lain.

Lokasi Gunung Api Purba Nglanggeran Patuk Gunung Kidul.

About Yogyadise

Informasi Tempat Wisata Jogja, Wisata Kuliner Jogja, Wisata Gunung Kidul Jogja, Rental Mobil Jogja Murah, Oleh Oleh Khas Jogja, Hingga Hotel Jogja Murah.

Check Also

Embung Sriten Gunungkidul

Embung Batara Sriten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta

Tujuan wisata Yogyadise kali adalah Embung Batara Sriten atau biasa yang disebut dengan Embung Sriten. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *