Minggu , 30 April 2017
Home / Wisata Candi / Wisata Candi Sambisari Kalasan Yogyakarta

Wisata Candi Sambisari Kalasan Yogyakarta

Candi Sambisari Kalasan

Tempat wisata Yogyakarta yang akan kita kunjungi kali ini masih seputar Candi Jogja, kebetulan yang akan kita kunjungi adalah Candi Sambisari Jogja. Alamat Candi Sambisari terletak di Daerah Sambisari, Sleman, Yogyakarta. Lokasi Candi ini tidak jauh dari wisata Candi Jogja lainya seperti Candi Kalasan, Candi Sari, Candi prambanan, bahkan Candi Ratu Boko.

Candi Sambisari Yogyakarta ditemukan pada bulan Juli 1966 di ladang sawah milik Bapak Karyoinangun. Secara tidak sengaja saat melakukan aktifitasnya sebagai petani, ketika sedang mencangkul tiba-tiba cangkulnya membentur batu sangat keras. Saat dilihat, ternyata batu yang mengenai cangkulnya bukanlah batu biasa melainkan batu yang berukir. Bapak Karyoinangun dan warga sekitar cukup heran dan bertanya-tanya apa sebenarnya batu itu.

Sampailah berita tersebut ke Kantor Lembaga Purbakala dan Peninggalan Nasional di Prambanan. Kemudian diadakanlah peninjauan dan penilitian lebih lanjut. Hasil dari penelitian tersebut memutuskan bahwa batu yang ditemukan tersebut adalah sebuah candi yang masih terpendam didalam tanah. Dengan segera dilakukan langkah ekskavasi atau penggalian secepatnya. Langkah yang dilakukan setelah ekskavasi adalah diadakanya pra-pemugaran yaitu dengan mengelompokkan jenis-jenis batu yang sama, kemudian dilakukan penyusunan percobaan dan dilakukanlah pemugaran. Hasil pemugaran tersebut bisa anda nikmati keindahanya saat ini, Candi Sambisari Jogja yang letaknya 6.54 meter dibawah permukaan tanah.

Latar Belakang Candi Sambisari Sleman.

Sampai sekarang belum diketahui tahun berapa Candi Sambisari Sleman didirikan, ini disebabkan karena belum adanya bukti konkrit yang bisa mendukung validitas penentuanya. Sehingga, untuk menentukan kapan berdirinya candi ini harus ditinjau dari berbagai segi.

Jika dilihat darisegi arsitektur, menurut Pof. Dr. Soekmono menggolongkan candi ini kedalam golongan bangunan dari abad ke-8. Jika dilihat dari batu isian (batu padas) yang digunakan di candi ini, menggambarkan masa pembangunanya hampir sama dengan berdirinya Candi Plaosan Yogyakarta, Candi Prambanan Bercorak Agama, dan Candi Sojiwan Klaten yang berdiri sekitar abad ke 9 hingga abad ke 10 M. Batu padas adalah jenis batu yang banyak anda temukan di bukit Istana Ratu Boko Prambanan. Ditempat inilah banyak ditemukan bekas-bekas penggalian batu padas pada masa dahulu.

Berdasarkan penilaian dari berbagai segi tersebut, penyimpulan sementara Soediman bahwa pendirian Candi Sambisari Jogja dilakukan pada dekade pertama atau kedua abad ke 9 M (812-838 M). Peryataan ini didukung dengan ditemukanya sekeping daun emas yang bertulisan, yang didasarkan pada tafsiran paleografis (Boechori) bahwasanya tulisan tersebut berada sekitar permulaan abad ke 9 M.

Saatnya anda membutikan sediri keindahan tempat wisata Yogyakarta ini, dan anda dapat melihat secara langsung bukti peninggalan Candi Sambisari.

Denah Candi Sambisari Maps.

About Yogyadise

Informasi Tempat Wisata Jogja, Wisata Kuliner Jogja, Wisata Gunung Kidul Jogja, Rental Mobil Jogja Murah, Oleh Oleh Khas Jogja, Hingga Hotel Jogja Murah.

Check Also

Candi Ijo Berbah

Candi Ijo Desa Sambirejo Prambanan Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta

Menjelajahi Kota Yogyakarta hampir setiap sudut kotanya memiliki obyek wisata masing-masing. Salah satu tempat wisata Jogja …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *