Minggu , 24 September 2017
Home / Wisata Candi / Peninggalan Sejarah Candi Plaosan Yogyakarta

Peninggalan Sejarah Candi Plaosan Yogyakarta

Candi Plaosan Klaten Jawa TengahSetelah anda berkunjung ke Candi Prambanan, Candi Sari, Candi Kalasan, rasanya kurang lengkap jika tidak berkunjung ke Candi Plaosan Yogyakarta. Candi Plaosan (Plaosan Temple) yang terletak di Dusun Bugisan, kecamatan Prambanan ini dibangun oleh Rakai Pikatan yang dipersembahkan untuk permaisurinya Pramudyawardhani. Candi Plaosan sering disebut dengan Candi Kembar, disebabkan karena Candi ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul. Setiap bagian dari masing-masing candi mempunyai kesamaan antara satu dengan lainya. Disebelah barat bagian candi terdapat tempat semedi yang berbentuk gardu dan stupa, disisi lainya dengan teras yang berbentuk persegi dikelilingi oleh dinding.

Halaman tengah Candi Plaosan Lor dikelilingi oleh dinding dengan pintu masuk bagian barat. Tengah halaman Candi Plaosan Lor terdapat pendopo ukuran 21,62 meter  x 19 meter. Bagian timur pendopo terdapat tiga buah altar, yaitu altar timur, utara dan selatan. Gambaran Ratnasambhava, Amitbha, Vairochana dan Aksobya berada di altar timur. Untuk figur Ksigarbha dan Stupa Samantabadhara berada di altar utara, sedangkan gambaran Manjusri berada di altar barat.

Sedangkan untuk Candi Plaosan Kidul juga memiliki pendopo bagian tengahnya yang dikelilingi 8 candi kecil dan terbagi dalam dua tingkat. Setiap tingkatnya terdiri dari empat candi. Ada gambaran Tathagata Amitbha, Vajrpani dengan atribut vajra di utpala beserta Prajnaparamita dianggap sebagai ibu dari semua Budha. Disini masih bisa kita jumpai beberapa gambar yang lain meskipun sudah tidak berada ditempat yang semestinya. Figure Manujri yang menurut salah seorang ilmuwan Belanda yang benama Krom juga bisa anda jumpai disini.

Pada bagian Bas relief Candi Plaosan Jogja memiliki gambaran yang unik antara pria dan wanita. Ada seorang pria digambarkan sedang duduk bersila dengan tanganya menyembah. Ada juga figure pria dengan tangan vara mudra dan vas di kakinya yang dikelilingi enam pria yang lebih kecil. Ada seorang wanita yang digambarkan sedang berdiri dengan tangan vara mudra, terdapat buku disekelilingnya, vas dan pallet. Menurut Krom, pria dan wanita itu adalah gambaran patron supporter dari dua wihara.

Dari seluruh komplek di sini, Candi Plaosan Jawa Tengah memiliki 50 candi perwara dan 116 stupa perwara. Anda bisa melihat semua stupa perwara di seluruh sisi candi utama, begitu pula dengan candi perwara yang ukuranya lebih kecil. Jika anda berjalan ke bagian utara, anda akan menemukan bangunan terbuka yang disebut dengan Mandapa. Anda juga bisa menemukan dua prasasti disini, prasasti diatas keeping emas yang berada disebelah utara candi utama dan prasasti yang tertulis diatas batu di candi perwara baris pertama.

Salah satu ciri khas dari Candi Plaosan adalah permukaan terasnya yang halus. Menurut pendapat Krom, teras candi ini berbeda dengan teras candi lainya yang dibangun pada masa yang sama. Karena hal itu sangat terkait dengan fungsi candi waktu itu yang di gunakan untuk menyimpan teks kanonik milik para pendeta Budha. Ada dugaan dari ilmuwan lain yang berasal dari Belanda menyatakan bahwa, jika jumlah pendeta yang berada diwilayah itu sangat sedikit. Sehingga teras itu digunakan untuk wihara (tempat ibadah umat Budha).

Candi Plaosan merupakan kompleks candi yang sangat luas jika dilihat dari pagar keliling sepanjang 460 meter dari utara ke selatan, 290 meter dari sebelah barat ke timur serta interior pagar yang berada diatas parit sepanjang 440 meter dari utara ke selatan dan 270 meter dari barat sampai timur. Anda dapat melihat parit yang menyusun interior ini dengan berjalan kearah timur melintasi sisi tengah bangunan sejarah ini.

Lokasi Candi Plaosan Map.

About Yogyadise

Informasi Tempat Wisata Jogja, Wisata Kuliner Jogja, Wisata Gunung Kidul Jogja, Rental Mobil Jogja Murah, Oleh Oleh Khas Jogja, Hingga Hotel Jogja Murah.

Check Also

Candi Ijo Berbah

Candi Ijo Desa Sambirejo Prambanan Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta

Menjelajahi Kota Yogyakarta hampir setiap sudut kotanya memiliki obyek wisata masing-masing. Salah satu tempat wisata Jogja …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *