Minggu , 24 September 2017
Home / Wisata Candi / Asal Usul Dan Sejarah Berdirinya Candi Kalasan Di Jogja

Asal Usul Dan Sejarah Berdirinya Candi Kalasan Di Jogja

Candi Kalasan Yogyakarta

Candi Kalasan Yogyakarta biasa di sebut juga dengan Candi Kalasan Tara ini merupakan sebuah bangunan yang dipersembahkan untuk Dewi Tara dan biara untuk para pendeta. Candi Kalasan Yogyakarta sebagai perhargaan untuk perkawinan Pancapana yang berasal dari dinasti Sanjaya dengan Dyah Pramudya Wardhani yang berasal dari dinasti Syailendra.

Candi Kalasan Jogja didirikan pada tahun 777 saka atau 778 M oleh Rakai Panangkaran, menjadikan Candi Kalasan Jogja sebagai Candi Budha tertua di Yogyakarta. Candi Kalasan peninggalan kerajaan ini terletak disebelah barat kira-kira 2 KM dari Candi Prambanan. Tepatnya di daerah Kalibening, Desa Tirtomartani, Kecamatan Kalasan, dan Kabupaten Sleman.

Bangunan tempat wisata Jogja yang satu ini memang sudah tidak utuh lagi karena faktor usia. Di beberapa bagian Candi Kalasan telah rusak dan paling atas untuk bagian Candi kalasan Yogyakarta yang semestinya berupa lonceng besar berbentuk stupa sudah tidak ada lagi disana.

Dilakukanya pemugaran pada tahun 1927-1929 tidak bisa membuat candi utuh kembali karena begitu banyak batu candi yang telah hilang. Meskipun sudah banyak yang hilang, secara keseluruhan bila dilihat Candi Kalasan masih terlihat bagus untuk dilihat.

Pahatan batu yang halus dan hiasanya yang indah membuat Candi Kalasan Yogyakarta terlihat unik, ditambah lagi relief dan ornamen yang dinding luarnya dilapisi dengan sejenis semen kuno (Valjralepa). Lapisan Valjralepa sangat jarang ditemukan pada candi-candi di kawasan Prambanan. Digunakanya Valjralepa pada dinding candi dengan tujuan untuk melindungi candi dari jamur dan lumut. Selain memberi efek keemasan pada dinding candi, Valjralepa juga memperhalus pahatan relief.

Selain Candi Kalasan, Valjralepa juga digunakan pada Candi Sari Jogja yang merupakan serangkaian pembangunan dengan Candi Kalasan. Candi Sari digunakan untuk asrama bagi biksu Budha, sedangkan Candi Kalasan peninggalan agama berfungsi untuk tempat peribadatan.

Seperti halnya dengan candi-candi lainya yang ada di Indonesia. Candi sebenarnya sebagai bukti bahwasanya Negara kita dulu pernah dipimpin oleh kerajaan yang bercorak hindu dan Budha. Meskipun zamanya sudah berlalu dan berbeda dengan keyakinan yang dianut sebagian masyarakat Indonesia saat ini. sejarah adalah bagian dari suatu bangsa, dan peninggalan sejarah Candi Kalasan adalah aset dan bukti yang harus kita jaga kelestarianya.

Candi Kalasan Yogyakarta Map.

About Yogyadise

Informasi Tempat Wisata Jogja, Wisata Kuliner Jogja, Wisata Gunung Kidul Jogja, Rental Mobil Jogja Murah, Oleh Oleh Khas Jogja, Hingga Hotel Jogja Murah.

Check Also

Candi Ijo Berbah

Candi Ijo Desa Sambirejo Prambanan Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta

Menjelajahi Kota Yogyakarta hampir setiap sudut kotanya memiliki obyek wisata masing-masing. Salah satu tempat wisata Jogja …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *