Minggu , 24 September 2017
Home / Wisata Candi / Candi Ijo Desa Sambirejo Prambanan Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta

Candi Ijo Desa Sambirejo Prambanan Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta

Candi Ijo BerbahMenjelajahi Kota Yogyakarta hampir setiap sudut kotanya memiliki obyek wisata masing-masing. Salah satu tempat wisata Jogja yang akan kita kunjungi kali ini adalah Candi Ijo Desa Sambirejo Prambanan Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi Candi Ijo ini merupakan yang tertinggi diantara lokasi candi Jogja lain yang ada di Jogja.

Untuk menuju rute Candi Ijo Kalasan, kita harus melewati kompleks Istana Ratu Boko. Mungkin perjalanan ini akan menjadi menarik bagi anda yang menyukai seni dan budaya. Sepanjang perjalanan anda akan melihat keindahan bermacam-macam candi yang tersebar disekitar.

Tempat wisata Yogyakarta yang satu ini dibangun sekitar abad ke 9, berlokasi di suatu tempat yang dikenal masyarakat dengan Gumuk Ijo atau Bukit Hijau. Daerah ini memang tinggi, wajar bila Candi Ijo Piyungan merupakan candi yang lokasinya tertinggi di Yogyakarta. Disini selain anda menikmati keindahan candi, anda juga dapat menikmati pemandangan disekitarnya yang luar biasa. Dari atas bukit anda dapat melihat kebawah, suatu keindahan alam yang sulit untuk di lewatkan. Terlihat seperti teras berundak dengan tingkat kemiringan yang mencuram dan rapi, menandakan  itu adalah lahan pertanian warga sekitar.

Kompleks Candi Ijo Di Yogyakarta terdiri dari 17 struktur bagian bangunan terbagi dalam 11 teras yang berundak. Teras pertama yang sekaligus menjadi halaman pintu masuk merupakan suatu teras berundak dengan membujur dari arah timur ke barat. Kemudian pada teras ke 11, terdiri dari beberapa bagaian bangunan mulai dari pagar keliling, 8 buah lingga patok dan empat bangunan (candi utama dan 3 Candi Perwara). Pembangunan yang dilakukan disini tidak asal-asalan, ini dikarenakan setiap teras mempunyai nilai sakral yang berbeda. Hingga pada bangunan pada teras tertinggilah yang mempunyai nilai sakral paling tinggi.

Anda akan dimanjakan dengan berbagai bentuk keindahan seni rupa disekitar kompleks Candi Hindu ini. Anda akan melihat Kala Makara yang bermotif kepala ganda dengan atributnya berada tepat diatas pintu masuk. Motif dan atribut sepereti ini biasa anda temukan pada Candi Budha, ini menunjukkan bahwasanya Candi Ijo Prambanan ini merupakan perwujudan dari akulturasi budaya Hindu dan Budha. Beberapa candi yang memiliki motif serupa terdapat di Candi Plaosan Jogja, Candi Ngawen, dan Candi Sari Yogyakarta.

Disini juga terdapat arca yang menggambarka suatu sosok laki-laki dan perempuan yang terbang dan mengarah pada suatu sisi tertentu. Makna dari sosok tersebut merupakan suwuk yang digunakan untuk mengusir roh jahat dan sebagai symbol bersatunya Dewa Siwa dan Dewa Uma. Bersatunya kedua dewa ini diartikan sebagai sebua awal terciptanya alam semesta ini. Corak arca di candi ini berbeda dengan corak arca di Candi Prambanan Jogja.

Berada di bagian bangunan Candi Perwara di teras ke 11, dibagian ini terdapat sebuah Homa (bak tempat api pengorbanan). Kemudian, tepat dibagian atas tembok belakang bak tersebut terdapat beberapa lubang ventilasi  yang berbentuk segitiga dan jajaran genjang. Adanya Homa ini mencerminkan keadaan masyarakat Hindu yang memuja Brahma. Dan tiga Candi Perwara menandakan penghormatan masyarakat kepada Hindu Trimurti yaitu Brahma, Whisnu dan Siwa.

Pada bangunan candi pada teras ke 9 terdapat dua buah prasasti yang menyimpan suatu misteri. Salah satu prasasti tersebut diberi kode F bertulisakan Bluyutan atau Guywan yang berarti pertapaan. Sedangkan prasasti yang lain terbuat dari batu dengan tinggi 14 cm dan tebal sekitar 9 cm. Prasasti ini memuat mantra-mantra yang ditulis dan diperkirakan sebagai kutukan. Sebanyak 16 kali mantra tersebut ditulis dan diantaranya yang terbaca “Om Sarwwawinasa, Sarwwawinasa“. Meskipun sampai sekarang belum terkuak asal muasal penulisan mantra tersebut, namun diyakini mantra tersebut berkaitan erat dengan peristiwa tertentu yang terjadi di Jawa.

Mengunjungi tempat wisata Jogja yang satu ini, anda mendapatkan pemandangan yang indah yang tidak anda dapatkan di candi yang lain. Saat anda menghadap kebarat, anda bisa melihat aktifitas dari Bandara Adusutjipto Yogyakarta. Lokasi Candi Ijo Kalasan ini berada di sebalah timur bandara, dan alasan inilah yang membuat luas bandara tidak bisa diperpanjang kearah timur. Setiap karya yang ada di kawasan Candi Ijo Di Yogyakarta ini memiliki keunikan tersendiri. Dan saatnya anda untuk melihat langsung keindahan Candi Ijo dan keindahan tempat wisata Yogyakarta yang lainya.

Lokasi Candi Ijo Map.

Candi ini terletak di Bukit Ijo, Desa Sambirejo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta.

About Yogyadise

Informasi Tempat Wisata Jogja, Wisata Kuliner Jogja, Wisata Gunung Kidul Jogja, Rental Mobil Jogja Murah, Oleh Oleh Khas Jogja, Hingga Hotel Jogja Murah.

Check Also

Candi Gebang Yogyakarta

Candi Gebang Wedomartani Daerah Istimewa Yogyakarta

Candi Gebang Sleman merupakan salah satu tempat wisata Jogja yang merupakan peninggalan peradaban kehidupan terdahulu. Seperti halnya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *