Jumat , 28 Juli 2017
Home / Wisata Candi / Candi Gebang Wedomartani Daerah Istimewa Yogyakarta

Candi Gebang Wedomartani Daerah Istimewa Yogyakarta

Candi Gebang Sleman

Candi Gebang Sleman merupakan salah satu tempat wisata Jogja yang merupakan peninggalan peradaban kehidupan terdahulu. Seperti halnya legenda Candi Gebang, dalam setiap berdirinya sebuah candi pasti memiliki cerita, latar belakang, pesan moral hingga kejadian yang ditampilkan dalam setiap bagian bangunannya. Lokasi Candi Gebang permai Jogja berada di dukuh Gebang, Wedomartani, Ngemplak, Sleman. Atau sekitar 11 KM dari pusat kota Yogyakarta.

Sejarah Candi Gebang

Penemuan Candi Gebang Sleman berawal dari seorang penduduk yang sedang mencangkul dan kemudian menemukan sebuah arca yang disebut Arca Ganesha. Selanjutnya pemugaran dilakukan dan dipimpin oleh Prof. Ir. F.R Vant Romondt pada tahun 1937 hingga 1939. Salah satu yang menjadi bukti pemugaran saat itu terlihat di puncak atap yang berbentuk Lingga Silinder. Arca Ganesha, Yoni, dan Nandhiswara berada di relung timur, barat, di sebelah kiri pintu masuk dan di bilik Candi Gebang Yogyakarta. Kemudian Dewa yang dipuja berada didalam bilik utama.

Candi Gebang permai Yogyakarta memiliki keunikan jika dibandingkan dengan candi yang sudah ada. Keunikan tempat wisata Yogyakarta yang satu ini adalah tidak adanya tangga yang menghubungkan candi dengan bilik utama, sehingga ini menyulitkan bagi wisatawan yang ingin melihat dewa-dewa tersebut. Diduga dulu Wangsa Sanjaya  membangun Candi Gebang Condong Catur dengan tujuan untuk tidak sembarangan dimasuki orang. Sehingga, siapapun yang ingin melihat dewa yang berada di bilik utama harus menggunakan bambu atau tangga kayu.

Arca Ganesha Posisi Duduk.
Di Candi Gebang Wedomartani, Arca Ganesha posisinya duduk di atas sebuah yoni yang berada dibelakang dinding candi. Kemudian dipuncak Candi Gebang Sleman berbeda bentuknya, bukan ratna atau stupa, melainkan sebuah lingga yang berbentuk bunga seroja.

Candi Polos.
Asal usul Candi Gebang permai Jogja dibangun tahun 730 – 800 M, terlihat dari arsitektur dan bentuk candi yang polos/tanpa relief. Candi Gebang Yogyakarta ini terlihat kecil berada disekitar pekarangan candi yang luas, bahkan ukuran candi ini hanya 5 x 5 M dengan tinggi kurang lebih 7 M. Namun Candi Gebang Wedomartani ini tetap terlihat indah dengan perawatan candi dan taman sekitar yang baik.

Tiket Masuk Candi Gebang.

Tiket masuk ke kawasan Candi Gebang Sleman masih sangat murah, hanya memerlukan biaya sebesar Rp 2.000,00 untuk orang dewasa, dan Rp 1.000,00 untuk anak anak

Peta Lokasi Candi Gebang

Alamat: Dusun Gebang, Widomartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta.

About Yogyadise

Informasi Tempat Wisata Jogja, Wisata Kuliner Jogja, Wisata Gunung Kidul Jogja, Rental Mobil Jogja Murah, Oleh Oleh Khas Jogja, Hingga Hotel Jogja Murah.

Check Also

Candi Ijo Berbah

Candi Ijo Desa Sambirejo Prambanan Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta

Menjelajahi Kota Yogyakarta hampir setiap sudut kotanya memiliki obyek wisata masing-masing. Salah satu tempat wisata Jogja …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *